Ini Penyebab dan Faktor Risiko Bronkitis Kronis

Ini Penyebab dan Faktor Risiko Bronkitis Kronis

Radarcirebon.com - Bronkitis Kronis merupakan kondisi medis serius yang dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan. Untuk mencegah dan mengetahui penyebab dan faktor risikonya.

Peradangan saluran nafas bawah, khususnya yang terjadi selama 3 bulan dalam 1 tahun atau berlangsung 2 tahun berturut-turut dikategorikan sebagai brongkitis kronis.

Salah satu bentuk penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) ini dapat menyebabkan infeksi berulang yang parah, penyempitan, dan penyumbatan pada saluran pernapasan sehingga membuat penderitanya kesulitan bernapas.

Penyebab Bronkitis Kronis

Berbeda dengan bronkitis akut yang sering kali disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, bronkitis kronis disebabkan oleh paparan zat kimia berbahaya dari asap rokok dalam jangka waktu yang panjang. Zat kimia pada asap rokok tersebut diketahui dapat mengiritasi saluran pernapasan.

BACA JUGA:

Selain itu, polusi udara dan paparan zat kimia berbahaya lainnya, seperti dari pabrik atau lingkungan kerja, juga bisa membuat Anda berisiko terserang bronkitis kronis.

Faktor Risiko Bronkitis Kronis

Selain paparan zat yang mengiritasi saluran napas, berikut adalah beberapa faktor yang dapat membuat seseorang lebih berisiko terserang bronkitis kronis:

  • Memiliki riwayat penyakit paru-paru, seperti sinusitis, asma, emfisema paru, fibrosis paru, tuberkulosis (TBC), dan infeksi saluran pernapasan atas
  • Berusia lebih dari 40 tahun
  • Memiliki riwayat penyakit genetik, seperti defisiensi antitrypsin alpha-1
  • Memiliki riwayat keluarga yang menderita PPOK

Gejala bronkitis kronis diketahui serupa dengan beberapa gangguan paru dan saluran pernapasan lain, seperti batuk berdahak, mengi, dan sesak napas.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: